Wellcome

Salam Otomotif  !!!

Pada tanggal 23 Februari 2012 lalu bertempat di Jakarta, telah dilakukan diskusi interaktif dengan tema “Kesiapan Industri Sepeda Motor Indonesia Menuju Standar Euro-3 yang Ramah Lingkungan dan Hemat BBM” untuk membahas kesiapan industri sepeda motor dan pemerintah dalam implementasi standar emisi EURO-3 (sumber: http://www.aisi.or.id/news/). Acara ini terselenggara atas kerjasama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO), Kementrian Lingkungan Hidup, Pemprov DKI Jakarta, dan didukung oleh industri-industri terkait. Ramah Lingkungan dan Hemat BBM sendiri artinya adalah sepeda motor yang diproduksi itu menggunakan sistem injeksi elektronik (EFI). Gosipnya Tahun 2015 pemerintah telah menetapkan bahwa seluruh sepeda motor yang dijual di Indonesia menggunakan system EFI. Faktanya, Pada Januari dan Februari 2012 Honda mendistribusikan Spacy Helm In PGM-FI sebanyak 24.440 unit. Angka ini lebih tinggi dari pada Spacy Helm In versi karburator yang hanya terjual sebanyak 13.068 unit. Belum lagi jika ditambahkan data dari Yamaha dan Suzuki (sumber: http://motorplus.otomotifnet.com). Era sepeda motor dengan sistem injeksi sudah kita masuki, dan tidak ada lagi sepeda motor yang memakai karburator. Seperti yang digunakan pada mobil yang dijual sekarang ini, semua serba kontrol elektronik, dan itu akan terjadi pada sepeda motor kita. Apa artinya bagi kita?

Artinya sebagai pelaku dan pecinta otomotif (mekanik bengkel umum, siswa SMK Otomotif/ TSM, Mahasiswa Otomotif), sepeda motor khususnya, perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan ini. Karena rahasianya adalah system Injeksi yang terintegrasi dengan system pengapian elektronik merupakan high electronic protection” (perlindungan elektronik tingkat tinggi) bagi pabrik/ atpm/ dealer resmi terhadap bengkel-bengkel umum seperti yang telah terjadi pada bengkel-bengkel mobil sekarang ini.

Tidak dipungkiri lagi bahwa hingga sekarang ini hampir semua mekanik bengkel umum belum paham dan menguasai skill dalam merawat dan menangani sepeda motor dengan system EFI, begitu pula di sekolah SMK Teknik Sepeda Motor tidak diajarkan mengenai hal ini hingga tuntas. Siswa yang lulus jika ditanya masih gagap dalam menjawab karena memang faktanya guru-guru yang mengajar di sekolah SMK Teknik Sepeda Motor tidak menguasai teknologi system EFI ini, disamping bahan praktek yang terbatas.

Menjawab itu semua Pusdiklat ATC mengundang anda untuk bergabung dalam Program Kursus Sistem Injeksi Elektronik (EFI), disini kami garansi anda akan memiliki skill yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan 2015!

Sampai Jumpa di ATC  !!!

Salam!

About kursusmekanikbjm

Kursus Mekanik Sepeda Motor ATC Banjarmasin, Jl. Kuin Selatan RT.02 No.36 Banjarmasin

Posted on September 24, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: